BONUS DEMOGRAFI MENUJU GENERASI EMAS 2045 HARUS PUNYA KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN KEUNGGULAN KOMPARATIF

-

KEPALA DINAS PPO KAB.MANGGARAI FRANSISKUS GERO, S.Pd

BONUS DEMOGRAFI MENUJU GENERASI EMAS 2045
HARUS PUNYA KEUNGGULAN KOMPETITIF
DAN KEUNGGULAN KOMPARATIF

Bonus demografi harus bias melahirkan generasi produktif siap pakai, memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif, agar generasi Emas 2045 terwujud yang hanya tinggal 22 tahun lagi, kita akan memasuki Generasi Emas Indonesia 100 tahun. Demikian dikatakan Fransiskus Gero Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai saat menjadi nara sumber saat  Seminar Nasional di UNIKA St. Paulus Ruteng, Sabtu, 13 Mei 2023 dengan topik, KESIAPAN PENDIDIKAN MANGGARAI MENGHADAPI BONUS DEMOGRAFI

Bonus demografi adalah sebuah rasio kependudukan yang menggambarkan keuntungan,karena perbandingan jumlah penduduk usia produktif (15  s.d 64 tahun) lebih banyak dibandingkan dengan penduduk usia non produktif ( kurang dari 15 tahun dan di atas 64 tahun).Supaya produktif, jangan hanya kejar ijazah, miliki kompetensi agar bias memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif, bias bertransformasi, bersaing di pasaran kerja. Generasi Emas 2045 terwujud tidak bias lahirdari manusia makan, tidur, bangun, mete, tidur lagi, selalu bergerak dalam siklus buruk. Ubah mindset, karena pola pikir, keyakinan akan menggerakan fisik anda, seperti adagium yang mengatakan“ pikiranmu adalah magnet.” Anda berpikir dan berkeyakinan maju maka anda akan maju.

 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, Pada tahun 2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yaitu jumlah penduduk Indonesia 70 persennya dalam usia produktif. Jika kita bandingkan dengan data penduduk di Kabupaten Manggarai tahun 2022 yang berjumlah 315.041 juta jiwa, dengan rincian penduduk siap produktif  15 -64 tahun = 235.619 = 74,79% sedangkan penduduk non produktif kurang dari 15 tahun  dan 64 tahun keatas = 79.422 =  25,21 % .

Dari sisi jumlah penduduk, daya dukung kita kuat karena didukung dengan populasi penduduk produktif 74,79 %.Pertanyaan apakah populasi penduduk produktif kita didukung dengan SDM yang berkualitas ? ini menjadi PR untuk semua Lembaga Pendidikan, semua jalur dan semua jenjang.

Untuk mendapatkan bonus demografi kita perlu mempersiapkan pendidikan kita dengan baik. Dari aspek siswa kita terus hidupakan budaya mutu baik akdemik maupun non akademik, gerasi yang berintelek tetapi tetap berbudaya. Para guru kita terus melakukan pembenahan, evaluasi dan yang paling penting profesi guru harus menjadi pilihan utama, bukan pilihan sampingan. Kesejahteraan guru komite perlahan kita perhatikan dengan tambahan penghasilan. Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Manggarai mengalokasikan dana tamsil 17.007.780.000 untuk 3.370 tenaga Pendidikan dan kependidikan. Dan untuk mendukung literasi dan numerasi, pemerintah juga memberikan beasiswa,diklat mutu dan perbaikan infrastruktur Pendidikan, Pengadaan peralatan TIK.Generasi kita harus melek teknologi, berinovasi digital dan untuk konteks inovasi digital kurang lebih 40 persen sekolah di Manggarai saat ujian menggunakan ujian berbasis android atau computer untuk sekolah yang ada jaringan internet dan listrik. Jadi kita terus bertranformasi. Generasi Emas 2045 merupakan masa depan harapan bangsa terutama di bidang pendidikan. Pendidikan tidak hanya mentransfer ilmu tetapi juga nilai-nilai terutama karakter atau akhlak.

#Teknologi
SHARE :
Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
LINK TERKAIT